Transplantasi Sel Induk

April 4, 2010 § 2 Komentar

Transplantasi sumsum tulang menggunakan sel induk dari donor dengan daya tahan genetik alamiah terhadap virus AIDS telah membuat seorang pasien bebas dari infeksi selama hampir dua tahun, demikian diberitakan dokter-dokter Jerman.

Pasien itu terinfeksi “human immunodeficiency virus” (HIV) yang menyebabkan AIDS dan juga mengidap leukimia. Pengobatan terbaik untuk leukimia adalah transplantasi sumsum tulang, yaitu dengan mengambil sel induk dari sistem kekebalan donor yang sehat untuk mengganti sel-sel pasien yang terkena kanker.

  1. Pasien menerima pengobatan kemoterapi dosis tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker di sumsum tulang. Pengobatan ini sekaligus juga menghancurkan sel-sel sehat pasien.
  2. Setelah kemoterapi, sel induk yang disumbangkan oleh donor diberikan kepada pasien melalui infus.
  3. Sel induk lalu menuju ke sumsum tulang dan mulai memproduksi sel-sel darah, membantu pasien pulih dari pengobatan dosis tinggi.
  4. Pasien mendapat resiko kematian bahkan dari infeksi paling minor karena mereka tidak memiliki sisitem kekebalan sampai sel induk dapat tumbuh dan menggantikan sel induk pasien.

 

Para peneliti menekankan, pengobatan ini tidak akan pernah menjadi pengobatan standar untuk infeksi HIV karena transplantasi sel induk butuh pengerjaan yang setepat-tepatnya dan terlalu berbahaya.

Atlas of Anatomy, Cancerbackup.org

§ 2 Responses to Transplantasi Sel Induk

  • Arief Rachman mengatakan:

    mas, nanya bener ga sih jika obat anti hiv bisa menekan replikasi pada kanker prostat terkait hiv (hiv-linked prostat cancer)? soalnya lupa-lupa ingat baca dimana geto…sapa tau mas mgerti. makasih

    • tyosafat mengatakan:

      Wah kebetulan sampai saat ini juga saya belum mengetahui adanya obat anti HIV yang memang direkomendasikan oleh para Dokter karna saat ini kebanyakan masih bersifat Herbal dan kurang terbukti secara klinis, btw kalo ntar ada info terbaru mengenai hal ini yah mari kita berbagi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Transplantasi Sel Induk at Yosafat Blog's.

meta

%d blogger menyukai ini: